Berita Kampus

Melepas Mahasiswa Peserta Program Magang, FKIP dan FAI UM. Buton menggelar Pembekalan

Untuk meningkatkan kompetensi sebagai guru profesional, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Agama Islam (FAI) UM. Buton, membekali mahasiswanya melalui program Magang 1 dan Magang 2 Tahun Akademik 2019/2020.

Bertempat di Aula Kampus UM. Buton, Rabu (4/9/2019) diselenggarakan pembekalan mahasiswa sebelum mengikuti program tersebut. Adapun peserta program ini adalah mahasiswa semester 3 untuk magang 1 dan mahasiswa semester 5 untuk magang 2.

Pembekalan tersebut diikuti 1190 mahasiswa FKIP dan FAI,550 mahasiswa magang 1 dan 640 mahasiswa magang 2 dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait tugas dan kewajibannya ketika berada di sekolah penempatan.

REKTOR UM-BUTON DR. WA ODE ALZARLIANI, SP., MM

Selain itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Buton, Dr. Wa Ode Alzarliani, SP.,MM. juga turut hadir untuk memberi sambutan dan motivasi kepada mahasiswa peserta pembekalan magang.

Dalam sambutannya Rektor UM-Buton menjelaskan bahwa “magang adalah upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan, dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat (learning by doing). Prinsip magang adalah pengenalan secara dini (early exposure) kepada mahasiswa calon guru dan bertahap”.

Beliau juga, memberikan penjelasan kepada mahasiswa, bahwa “magang I bertujuan membangun landasan jati diri pendidik dengan berlandaskan empat kompetensi akademik yaitu kompetensi pedagogik,kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. “.

Program magang 1 dan magang 2 ini, akan dilaksanakan secara terpisah selama 7 hari. Dengan melibatkan 64 dosen pembimbing untuk memantau program magang yang tersebar di berbagai sekolah baik di Kota Baubau maupun Kabupaten Buton yang terdiri dari 4 SMA, 21 SMP, 21 SD dan 18 TK”, ujar Maryam Nurlaila, S.S.,M.Pd selaku Sekertaris Panitia.

Mewakili mahasiswa peserta magang, Syarif yang berasal dari program studi pendidikan biologi menyatakan, bahwa “Pembekalan kali ini sangat bermanfaat bagi kami sebab memberikan gambaran apa yang kami akan lakukan nanti di sekolah”.

Pembekalan di mulai pada tanggal 4 dan 5 September 2019, sedangkan pelaksanaan magang 1 dan magang 2 akan berlangsung mulai tanggal 6 – 20 September 2019.

Sumber Foto : https://www.umbuton.ac.id/2019/09/04/pembekalan-mahasiswa-magang-1-dan-2-fkip-fai-univ-muhammadiyah-buton/

Editor : Andi Arya Maulana Wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *