Professional, Global, Entrepreneurship

UM Buton Lepas Mahasiswa KKN Muhammadiyah Aisyiyah

Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN MAs) adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah seluruh Indonesia secara bersama-sama. KKN MAs merupakan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa-Mahasiswi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Perguruan Timggi Aisyiyah seluruh indonesia.

UM Buton sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Sulawesi Tengara ikut serta dalam KKN MAs tahun ini. Sabtu, 7 Agustus 2021 bertempat di Gedung Rektorat, UM Buton melaksanakan pelepasan Mahasiswa peserta KKN MAs yang bertolak ke Pulau Lombok. Dalam kegiatan Pelepasan Mahasiswa peserta KKN MAs, mahasiswa diberi pembekalan di Gedung Korea UM Buton yang di hadiri oleh orang tua mahasiswa akan  yang mengikuti KKN MAs ini.

Tema yang di usung dari KKN MAs periode ini yaitu “Penguatan Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara”. Adapun program-program yang akan dilaksanakan nanti dilapangan adalah sebagai berikut:

  • Program Pokok, adalah program yang direncanakan bersama dengan masyarakat (pendanaan, waktu, teknik/konsep/teknologi/inovasi).
  • Program Bantu, adalah program yang telah direncanakan oleh masyarakat dan mahasiswa diminta untuk membantu pelaksanaan program tersebut.
  • Program Kemuhammadiyahan, adalah program yang dilaksanakan dalam rangka mendukung gerak dakwah Muhammadiyah (peta dakwah Muhammadiyah,  pemberdayaan ranting, PCM, amal usaha Muhammadiyah)

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UM Buton,  Dr. Wa Ode Al Zarliani, S.P. M.M.. "Mahasiswa yang  mengikuti Kegiatan ini berjumlah 10 orang yang berasal dari berbagai program studi lingkup UM Buton. Kegiatan KKN MAs merupakan kegiatan kedua yang pernah diikuti oleh mahasiswa yang sebelumnya dilaksanakan di Bengkulu. Kegiatan KKN Mas juga merupakan wujud dari UM Buton untuk mendorong mahasiswa menjadi mahasiswa yang memiliki intelektual yang kreatif, inovatif dan mandiri." Ujar Rektor UM Buton dalam sambutanya.

Rektor UM Buton berharap kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas. "Selama ini mahasiswa memperoleh ilmu pengetahuan dalam kampus, dengan kegiatan KKN Mas mahasiswa dapat belajar yang sesungguhnya karena langsung mengimplementasikan di lingkungan masyarakat dengan berbagai permasalahan yang dihadapi. Ibu juga berpesan bahwa mahasiswa untuk senantiasa menjaga nama baik Universitas, kompak dan saling membantu, serta senantiasa menjaga kesehatan dan meningkatkan imun agar terhindar dari penularan Covid19." lanjutnya.

Pelaksanaan KKN MAs dilaksanakan di Lombok Barat dan Lombok Timur mulai tanggal 11 Agustus 2021 sampai 12 September 2021. Universitas Muhammadiyah Buton mengirimkan 10 Mahasiswa semester 6 dari 4 program studi yakni program studi Akuntansi, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Hukum serta dibimbing oleh 2 dosen pembimbing. Mahasiswa yang mengikuti KKN MAs ini  diharapkan dapat memecahkan masalah-masalah yang saat ini terjadi di masyarakat melalui ilmu-ilmu yang telah di dapat saat kuliah. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturrahmi dengan teman-teman sejawat dari kampus-kampus Muhammadiyah seluruh indonesia. (HUMAS)

Bagikan Berita