Professional, Global, Entrepreneurship

Wujudkan Indonesia Makin Cakap Digital, UM Buton Bekerjasama dengan PT. Dyandra Promosindo

Setelah diluncurkan di Jakarta, 20 Mei 2021 oleh Kominfo, Program Literasi Digital Nasional dengan Tema "Indonesia Makin Cakap Digital 2021", ditandai dengan  pelaksanaan kelas literasi digital secara simultan di 514 kabupaten dan kota. PT Dyandra Promosindo sebagai Perusahaan Rekanan Kominfo untuk wilayah Sulawesi, bekerja sama dengan UM Buton untuk meyelenggarakan  acara Gerakan Nasional Literasi Digital Siber Kreasi Sulawesi.

Kerjasama ini dituangkan dalam MoU  yang di tandatangani secara Virtual antara kedua belah pihak yang dilaksanakan pada hari Senin, 6 September 2021, pukul 09.00 WITA.

PT Dyandra Promosindo yang di wakili oleh Project Manager Literasi Digital Sulawesi, Rosari Safitri Herawati dalam sambutannya menyampaikan bahwa literasi digital dilatarbelakangi  oleh survey dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang menyatakan pada tahun 2021 pengguna internet di indonesia telah mncapai 73,7 % dari total populasi Indonesia.


"Disaat bersamaan pertumbuhan pengguna intertnet yang masif, sangat membuka ruang yang lebih luas akan meningkatnya penyalahgunaan teknologi dan informasi dan internet. Banyak pengguna internet di Indonesia yang berkomunikasi melalui pesan singkat dan melakukan aktifitas di medsos dan masih rentan mengupload informasi pribadi yang sensitif, menyebarkan ujaran kebencian, praktik praktik penipuan hingga meyebarkan hoaks karena tidak terlalu memikirkan kebenaran informasi tersebut. Oleh karena itu kegiatan literasi digital sangat diperlukan bagi masyarakat Indonesia dan sesuai arahan bapak Presiden Indonesia tentang pentingnya SDM yang memiliki pengetahuan tentang digital." lanjut Rosari.

Perlu diketahui, Kemkominfo melalui pemberdayaaan informatika mempunyai target hingga tahun 2024 menjangkau 57 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan literasi digital di bidang digital yang secara spesifik untuk tahun 2021. Target yg dicanangkan adalah 12,5 juta masyarakat dari berbagai kalangan untuk mendapatkan literasi digital. Hal ini sangatlah penting dilakukan, mengingat penggunaan informasi dan komunikasi saat ini sudah semakin masif dan pentingnya peningkatan kemampuan dan pemahaman masyarakat terhadapa penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi.

Berkenaan hal tersebut Kemkominfo melalui Direktorat pemberdayaan Informatika menetapkan PT Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara program Gerakan Nasional Literasi Digital "Indonesia Makin Cakap Digital" khususnya daerah sulawesi.

"Sesuai dengan jadwal yang telah disusun maka literasi digital di daerah akan dilaksanakan pada Bulan Mei hingga Desember 2021. Untuk itu kami memohon kesediaan bapak dan ibu sekalian untuk ikut berperan aktif pada kegiatan ini." tutup Rosari.


Rektor UM Buton, Dr. Wa Ode Alzarliani dalam sambutannya juga menyampaikan, "Hari ini merupakan wujud nyata dan peran serta akademisi UM Buton untuk mensukseskan program pemerintah RI melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika yang telah launching sejak bulan mei lalu. UM  Buton memiliki rasa tanggung jawab untuk mendukung program ini dengan kesediaan menjadi narasumber dalam kegiatan ini."

"Kondisi saat ini menunjukkan bahwa pengguna internet ditahun 2021 sampai pada bulan Maret mencapai 212,35 juta jiwa. Dan pengguna media sosial  berjumlah 170 juta dari total 274,9 juta penduduk indonesia. Melihat survey tersebut, sudah saatnya Masyarakat Indonesai makin cakap digital dengan memahami skill digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital dalam bermedia sosial. Untuk bisa hidup di era  4.0 Literasi digital sangat penting bagi setiap individu sebagai modal untuk berkomunikasi dan membangun jejaring yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup." lanjut Rektor UM Buton.

"Pada kesempatan ini pula saya mengucapkan Terimakasih pada PT Dyandra promosindo sebagai penyelenggara kegiatan dalam even literasi digital yang melibatkan UM Buton sebagai Rekanan dan untuk mensukseskan program Kemkominfo RI. Tidak lupa pula ibu mengucapkan terimakasih kepada  ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Ansar Suherman  dan  ketua Lembaga Urusan Internasional dan  Kerjasama dan Bahasa yang telah menginisiasi dan melakukan penjajakan kerjasama ini" tutup Rektor UM Buton.

Adapun isi MoU antara lain UM Buton menyiapkan pemateri dan kepesertaan mahasiswa/mahasiswi sesuai program studi yang ada dan tentang kewajiban dan komitmen lainnya .Pelaksanaan Kegiatan ini akan dimulai pada bulan September 2021 hingga bulan Desember 2021 mendatang. HUMAS


Bagikan Berita